You Are Reading

51

INFO | Mengenal Blog Lebih Dekat

Gie Morello Monday, May 9, 2011 , ,
BLOG? Rasanya tidak asing lagi nama ini bagi yang "melek" teknologi, terutama teknologi internet. Tetapi apa sebenarnya blog itu? Blog adalah sebuah website yang memuat tulisan (posting) secara periodic. Blog mempunyai fungsi beragam, mulai dari catatan harian (diary online), tempat memajang barang-barang koleksi dan hobi, sampai pada keperluan membuat promosi bisnis.

Di Indonesia saat ini, sudah lebih dari 10 juta blog di dunia maya dan akan terus bertambah. Apalagi setelah kamu baca postingan ini dan langsung bikin blog, tambah satu blogger lagi deh jadinya. Ada berbagai jenis blog, seiring dengan tren maka seorang blogger bisa di bedakan menjadi :

  • Personal Blogger (Orang yang suka menulis catatan harian di blog)
  • Business Blogger (Orang yang memakai blog untuk promosi produknya)
  • Organization Blogger (Orang yang di bayar buat ngeblog alias kerja cari duit lewat blog)
  • Dermawan Blogger (hehe, kalo yang ini istilah saya sendiri untuk orang yang menggunakan blog buat bagi-bagi software/musik/game secara gratisan! Sekarang ini banyak sekali Dermawan Blogger, tidak hanya di Indonesia tetapi di seluruh dunia)
  • Tutorial Blogger (Orang yang menggunakan blog untuk mengajarkan bagaimana caranya ngeblog dan memperkenalkan apa itu HTML/JAVASCRIPT pada blogger newbie. Meskipun blog seperti ini hampir 70% isi nya copas karena kebanyakan memposting kode HTML/JAVASCRIPT, tetapi blog seperti ini adalah blog yang banyak di cari setiap hari dan setiap jam. Makanya blog yang bertemakan seperti ini selalu mempunyai Traffic yang tinggi)

Dari berbagai macam jenis blog di atas, kita akan fokuskan pada jenis yang terakhir yaitu Professional Blog, alias kerja atau mencari duit lewat blog (ngeblog adalah pekerjaan pokoknya). Contoh : blog/website resmi suatu software (Antivirus, Utilities, Multimedia Player, dsb).

Ada berbagai macam server blog gratis yang bisa kamu pakai untuk membuat blog atau menghasilkan uang, antara lain :
Wordpress (http://wordpress.com)
Blogger (http://blogger.com)
Blog.com (http://blog.com)
Joomla (http://joomla.com)
LiveJournal (http://livejournal.com)
Blogsome (http://blogsome.com)
MyOpera (http://my.opera.com)
BlogDrive (http://blogdrive.com)

Dari berbagai pilihan di atas saya sarankan untuk kamu yang baru bergelut di bidang blog atau pemula, kamu pilihlah blogger.com sebagai server blog. Karena di blogspot sangat mudah di gunakan dan mudah di pahami meskipun kamu bukan berlatar belakang programmer. Dan juga blogger bersifat gratis dan kita boleh memasang iklan di blog kita, blogger tidak melarang kita melakukan monetasi blog, dan yang terpenting blogger adalah bagian dari Google Corporate yang memberikan kemudahan bagi blog kita untuk di akses di seluruh dunia.

Apa sebenarnya Blog itu dan kenapa menjadi begitu popular?
Banyak pendapat berbeda yang menjelaskan tentang blog. Berikut ini merupakan penjelasan tentang blog yang di uraikan oleh Yaro Starak, professional blog, dalam e-booknya "Blog Profit Blue Print" Menurut Yaro, Jika di bandingkan dengan website "normal" sebenarnya blog sendiri adalah sebuah website (dan memang begitu, blog sebenarnya adalah sebuah website). Blog adalah website yang mempunyai beberapa perbedaan kunci antara lain :

1. Artikel Di Tampilkan Secara Kronologis Dengan Artikel Paling Baru Berada Paling Atas
Ini adalah bagian paling konsisten dari setiap blog. Artikel di tampilkan dengan sedikit cuplikan dari isi, di mulai dari bagian atas untuk artikel yang paling baru di ikuti kemudian dengan artikel yang lama, dan seterusnya.

Format ini adalah warisan dari aspek "jurnalistik" dari blog yang merupakan diary online atau jurnal. Diary mempunyai isi yang di buat berdasarkan tanggal dan begitu pula blog bekerja. Meskipun blog mempunyai gaya seperti cerita jurnalistik, hal penting yang perlu di perhatikan adalah saat ini semua blog merupakan diary dan bukan tentang kehidupan pribadi dari sang penulis. Beberapa blog masih merupakan hasil pemikiran seorang penulis.

Blog saat ini bisa mengenai bermacam subyek, ditulis oleh seseorang atau banyak orang tertunya semua itu bukanlah diary pribadi. Refleksi pribadi, opini dan suara semuanya sudah menjadi bagian dari blog, tapi itu semua tidak berpengaruh pada nafas dan jangkauan dari cakupan topik.

2. Mudah Untuk Menambahkan Konten Baru
Website normal mempunyai satu masalah kronis yang menghalangi orang untuk menambahkan konten baru, yaitu terlalu teknis. Meskipun sudah CMS (Content Management System) yang canggih, pembuatan website masih di luar jangkauan pengguna web pada umumnya.

Blog sudah mengubah hal ini. Blog menyediakan sebuah system publikasi konten menjadi semudah menulis email. Kendala untuk masuk sudah sangat rendah dan saat ini kita mempunyai sebuah dunia yang terisi jutaan blog.

3. Konten Sering Terupdate
Masalah besar lain yang menjadi wabah pada website tradisional adalah sifat statis mereka. Kebanyakan website tidak pernah berubah dan kamu selalu kembali ke halaman-halaman dengan isi yang sama. Alasan untuk hal ini adalah poin ke dua di atas. Sangat sulit bagi kebanyakan orang untuk menambahkan konten pada sebuah website.

Tentu, beberapa situs popular sering terupdate sebelum blog muncul, tapi di belakang mereka ada organisasi besar dengan staf teknis dan para penulis. Atau di kelola oleh orang-orang yang mengerti sesuatu seperti HTML, FTP dan Server Web. Kebanyakan orang tidak bisa berbicara dengan bahasa itu dan sampai blog muncul sangat sulit bagi kebanyakan orang mempublikasi secara online.

Blog sudah mengurangi masalah untuk mempublikasi, sehingga membantu kebanyakan orang untuk melakukanya. Sebagai hasilnya, Web saat ini di penuhi dengan produsen konten (para blogger) menulis dan mempublikasikan secara regular, kadang beberapa artikel per hari. Website dulu tidak pernah sedinamis blog sekarang.

Efek lain dari kebangkitan blog pada mesin-mesin pencari. Mesin pencari seperti Google memberikan penghargaan kepada konten yang bernilai dan konsisten. Secara alami blog melakukannya (dengan asumsi di jalankan oleh blogger (kita) yang termotivasi) dan kemudian mendapat ranking tinggi di Search Engine.

Sebagai hasil dari "mencuri" ranking di mesin pencari papan atas, blog mendapatkan perhatian lebih banyak, mendapatkan fokus dari para pemasar internet dan pemilik bisnis karena mereka melihat blog sebagai alat pemasaran yang potensial untuk produk dan layanan mereka.

5. Blog Mengijinkan Orang Untuk Meninggalkan Komentar
Evolusi besar yang bisa di lihat dari blog di bandingkan dengan website tradisional adalah tambahan fungsi komentar. Disetiap artikel yang di publikasikan di blog mempunyai kotak yang mengijinkan siapapun untuk memberikan komentar pada artikel tersebut. Perubahan itu mengubah website dari layanan broadcasting satu arah, menjadi alat komunikasi dua arah. Para pembacanya bisa dengan mudah berkomunikasi dengan penulis konten, membawa pembicaraan yang di mulai dari sebuah artikel menjadi sebuah komunitas. Poin terakhir ini lebih powerfull dari yang kamu pikirkan.

6. Orang-Orang "Mempercayai" Blog Lebih Dari Website Normal Karena Blogging Adalah Pembicaraan

Jika kamu mengkombinasikan seluruh elemen di atas, penulisan gaya jurnal pribadi, kemudahan untuk menambahkan konten yang menyebabkan sering terupdate, dan kemampuan untuk berinteraksi dengan para pembaca, kamu punya formula untuk sebuah alat komunikasi yang sangat natural.

Blog, secara alamiah bisa di andalkan sebagai sumber informasi yang terpercaya. Mereka menumbuhkan hubungan antar manusia dan sebagai efek samping dari banyaknya blog sekarang, beberapa blogger di terima sebagai ahli yang di segani, meskipun itu benar ataupun tidak. Murni di belakang blog, mereka sukses.

Karena itulah seseorang dengan modal semangat, hobi, atau keahlian tertentu dan cukup termotivasi untuk menghasilkan konten tentang sebuah topik, dapat menarik audien nya monetize trafik dan mendapatkan potensi untuk professional blogging.

Apa yang saya jelaskan diatas mungkin bukan hal baru bagi sebagian orang. Tapi ini adalah dasar dari semua yang perlu di jelaskan. Sekarang kamu tahu apa yang membuat blog berbeda.

Langkah selanjutnya adalah bagaimana kita menghasilkan uang dari mereka (blog). Sebagaimana sudah saya jelaskan dari awal artikel ini, sangat penting untuk membuat strategi sebelum menjalankan taktik beberapa cara untuk menghasilkan uang dari blog kamu saat ini dan juga yang sedang saya gunakan sekarang. Namun sebelumnya kamu perlu mengerti juga strategi di belakang cara menghasilkan uang dari blogging.

Sebenarnya yang lebih penting adalah memahami strategi di belakang cara menghasilkan uang dari blogging selalu berganti setiap hari. Bagaimanapun juga, dasar dari kenapa kamu menghasilkan uang tidak akan berubah, jadi sebaiknya kamu menaruh perhatian pada bagian ini.

Bagaimana Cara Mendapat Penghasilan Dari Blog?
Majalah cetak menghasilkan uang dengan menjual iklan. Semakin besar sirkulasi mereka, semakin besar pengaruh mereka, dan demographic dari pembaca mereka mempengaruhi seberapa besar yang mereka hasilkan.

Pada intinya blog juga sama. Semakin banyak trafik sirkulasi yang kamu punya, tipe dan kualitas dari trafik (demographic pembaca) dan pengaruh yang kamu punyai terhadap para pembaca. Tidak menjadi masalah bagaimana kamu menghasilkan uang, mungkin menggunakan iklan kontekstual seperti Google Adsense, Affliate Marketing atau penjualan iklan langsung. Semakin banyak pembaca yang kamu punya, umumnya akan semakin banyak uang yang kamu dapatkan.

Kualitas trafik juga merupakan hal penting. Jika kamu mempunyai pengaruh besar pada para pembaca kamu, pada saat meminta mereka melakukan sesuatu seperti merekomendasikan mereka untuk membeli produk yang kamu promosikan sebagai affliate, banyak dari mereka yang melakukanya.

Berikut adalah proses untuk monetize blog :
1. Seseorang (blogger) membuat sebuah titik tujuan web (blog) yang akan di kunjungi orang, kemungkinan secara berulang, karena nilai yang mereka tawarkan. Biasanya mereka mengunjungi blog dari mengikuti link dari blog atau website lain, lewat referensi dari teman atau kolega, atau mereka datang dari hasil pencarian mesin pencari.

2. Sebagian pengunjung juga bisa berasal dari situs lain yang menjual trafik. Pembayaran mungkin berdasarkan per klik, bulanan, atau komisi affliasi, atau dari keuntungan dari produk atau layanan yang di jual. Para blogger bekerja untuk menarik perhatian dan kemudian menjual perhatian itu kepada para pengiklan sebagai bayaran atau menggunakan perhatian itu untuk mendapatkan penghasilan dari produk/jasa mereka sendiri. Variabel kuncinya di sini adalah "perhatian". Perhatian adalah trafik, mempengaruhi dan potensi untuk menghasilkan uang dari blogging. Jadi bagaimana blogger mendapatkan perhatian?

Dua Kunci Dasar Untuk Mendapatkan Perhatian
Bagian pertama untuk mendapatkan perhatian (trafik) ke blog, adalah saran lama yang mungkin kamu sering dengar jika kamu belajar blog :
"Tulis konten yang bagus"
Ya, dasar dari blog yang hebat adalah konten yang bagus. Orang sering salah mengartikan apakah konten yang bagus itu memberikan goal ( biasanya kesalahan itu di buat ketika menentukan goal secara detil dan strategi apa yang di gunakan untuk mencapai kesana) dan menggasumsikan bahwa konten bagus itu sudah cukup.

Apakah setiap blogger professional perlu mempunyai skill bisnis? Ya benar, pemasaran, seni untuk mendapatkan perhatian dan komponen kunci untuk bisnis yang sukses adalah kunci utama untuk blogging yang sukses. Melalui marketing orang akan menemukan konten bagus kamu.
author

Gie Morello

Hey, what's up peoples! I'm Gie, nice to meet you... ^_^

51 comments:

Gie Morello said...

@Kamal Hayat
ya sama-sama ;)

denadio said...

nice info bro... :D

Penyakit Lambung said...

Amazing artikel…. Semoga saya bisa praktekan tipsnya dan berhasil

Pengobatan Tukak Lambung said...

Terima Kasih, Tulisan yang sangat membantu. Salam Sukses!

Penanganan Penyakit Lambung said...

Terima kasih atas pencerahannya, tulisannya menarik juga. Saya akan coba

Pendekatan Psikosomatik Penyakit Lambung said...

aku paling senang dengan semua pengetahuan ini, terima kasih sudah berbagi ilmu

gangguan lambung said...

Setelah membaca Info dan Artikel, saya jadi ingin mencoba. Salam Sukses

Gejala Maag said...

Terima kasih atas Artikel dan Info yang selalu menambah wawasan.semoga sukses

obat tradisional mengobati sakit maag said...

Menarik, sangat Menarik Artikel dan Tipsnya. boleh dicoba. salam sukses

Gejala Sakit Maag dan Mengatasinya said...

cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

gejala maag said...

saya pasti coba tipsnya yang sangat amazing

Maag Kronis said...

Tips yang cerdas cuma di Wibesite ini banyak kumpulan Artikel bagus. harus dicoba. salam sukses

Gejala Maag Kronis said...

Amazing artikel, Infonya bagus banyak mengandung Tips dan Pesan yang bermutu. salam sukses

Maag Kronis said...

Cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

Maag Saat Hamil said...

Saya menemukan Artikel hebat di wibesite ini jadi ingin coba Tipsnya. Semoga berhasil

Obat Maag said...

Artikel Menarik terutama Infonya, boleh dicoba. Salam sukses

Cara Mengobati Maag said...

Saya senang setelah membaca Tips dan Artikelnya, harus dicoba.Semoga berhasil

Penyebab Penyakit Maag said...

Info dan Tulisannya Amazing, boeh dicoba. Sukses selalu

Maag Atau Dispepsia said...

Tipsnya sangat Infomatif, wajib dicoba salam sukses

Penyakit Maag said...

Terimakasih Banyak Tips dan Artikelnya, boleh dicoba. Salam sukses

Pengobatan Maag said...

Terimakasih Artikelnya bermanfaat dan Infonya menambah Ilmu pengetahuan. Harus dicoba. Semoga berhasil

Pencegahan Maag said...

Saat membaca Artikel dan Tipsnya yang benar benar menarik. Jadi ingin mencoba. Salam sukses selalu

Penyebab Penyakit Maag said...

cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

Sakit Maag said...

Wibesite yang menarik di dalamnya banyak Artikel dan Tips yang mengandung Ilmu Pengetahuan, Harus dicoba.Terimakasih

Gejala dan Pengobatan Sakit Maag said...

Saya senang membaca Info dan Artikel yang di buat di Wibesite ini. Patut dicoba. Salam Sukses selalu.

Penyebab Sakit Maag said...

Menarik, sangat Menarik Artikel dan Tipsnya. boleh dicoba. salam sukses

Sakit Maag said...

cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

Obat Perut Kembung said...

Postingan yang sangat Hebat, Tips boleh dicoba.salam sukses

Perut Kembung Pada Ibu Hamil said...

Artikel yang bermanfaat dan berguna, wajib di coba. sukses selalu

Obat Tradisional Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi said...

Ilmu yang sangat Hebat, boleh dicoba Artikel dan Tipsnya. Semoga berhasil

Perut Kembung said...

Artikel yang benar benar sangat infomantif dan Kreatif. boleh dicoba, sukses selalu

Perut Kembung said...

Baru kali ini saya membaca Artikel yang sangat membangun. Boleh dicoba

Pengobatan Perut Kembung said...

wah bagus sekali infonya pasti say akan coba sekarang juga, sukses yah

perut kembung said...

Tipsnya boleh dicoba, Artikelnya sangat bermanfaat.

Mengatasi Perut Kembung said...

Terimaksih untuk info yang sangat efektif, boleh dicoba.

Obat Tradisional Mengobati Perut Kembung said...

Terimaksih untuk Info yang sangat Amazing, boleh dicoba.

Unknown said...

Kanker Otak Stadium 1, 2, 3 dan 4

Unknown said...

thanks for information
Pilek Menahun Apa Bisa Sembuh?

obat amandel herbal tanpa operasi said...

Terimakasih gan atas infonya yang bermanfaat bangetszzzz

walatra gamat emas kapsul said...

Info yang bagus gan terimakasih

Inschord said...

terimakasih artikelnya sangat membantu...
kunjungi juga..
Chord Lagu

custom indian bridal wear said...

Ini adalah bagian paling konsisten dari setiap blog. Artikel di tampilkan dengan sedikit cuplikan dari isi, di mulai dari bagian atas untuk artikel yang paling baru di ikuti kemudian dengan artikel yang lama, dan seterusnya.

Anonymous said...

Yeni perde modelleri
sms onay
Türk Telekom Mobil Ödeme Bozdurma
nft nasıl alınır
ankara evden eve nakliyat
Trafik Sigortası
Dedektor
Site kurma
Ask Romanlari

deneme bonusu said...

Success Write content success. Thanks.
canlı slot siteleri
kıbrıs bahis siteleri
kralbet
canlı poker siteleri
betturkey
betmatik
betpark

Anonymous said...

شركة تنظيف افران بالاحساء
شركة تنظيف افران

vbet said...

Good content. You write beautiful things.
vbet
taksi
mrbahis
korsan taksi
sportsbet
hacklink
mrbahis
sportsbet
hacklink

kemal said...

sincan
sakarya
küçükçekmece
kilis
beylikdüzü
LZAY8

burak said...

uşak
tokat
mecidiyeköy
kayseri
hatay
ZC8B

fuat said...

kütahya
sivas
trabzon
artvin
hatay

P4ML

Sadettin said...

yurtdışı kargo
resimli magnet
instagram takipçi satın al
yurtdışı kargo
sms onay
dijital kartvizit
dijital kartvizit
https://nobetci-eczane.org/
MG1A

mert said...

https://saglamproxy.com
metin2 proxy
proxy satın al
knight online proxy
mobil proxy satın al
YO0F

Post a Comment

If you have any suggestions, please comment. Thanks ;)

previous Next home
 
Copyright 2010 GieShare™
SELAMAT DATANG DI GieShare™ | SHARE BERBAGAI APLIKASI, MUSIK, GAME DAN TIPS N TRICK BLOGGER | Free Software - Free Music - Free Game - Tips n Trick Blogger | UNTUK KENYAMANAN MENDOWNLOAD GUNAKAN INTERNET DOWNLOAD MANAGER (IDM) ATAU DOWNLOAD ACCELERATOR PLUS (DAP) | TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA --->