You Are Reading

2

Tips n Trick | Cara Mengatasi Windows XP Yang Restart Sendiri (Part 2)

Gie Morello Friday, May 6, 2011
Masalah Komputer biasa terjadi ketika Windows menemukan kesalahan sangat serius, dan yang paling sering jadi penyebabnya adalah Blue Screen of Death. Secara default kerusakan ini membuat komputer secara otomatis me-restart PC kamu. Sebenarnya sebelum komputer restart sendiri, ada pesan kesalahan pada layar komputer namun waktunya sangat singkat. Kamu punya punya waktu kurang dari satu detik untuk membaca pesan kesalahan pada layar dan ini hampir mustahil dilakukan.

Untungnya ada pilihan masalah ini, restart otomatis pada kegagalan sistem dapat dinonaktifkan, sehingga kamu bisa membaca masalah komputer. Kamu dapat menonaktifkan pilihan komputer restart otomatis melalui Control Panel bagian [Startup and Recovery] pada area [Sistem]. Langkah-langkah yang dilakukan adalah tergantung pada sistem operasi yang kamu gunakan. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas pada sistem operasi Windows XP.

Ikuti langkah-langkah mudah untuk menonaktifkan fitur komputer restart sendiri pada Windows XP.

  1. Klik tombol [Start], arahkan ke [Settings] dan pilih [Control Panel].
  2. Pada jendela [Control Panel], buka ikon [System]. Catatan: Dalam sistem operasi Windows XP secara default ikon [System] tidak ada, untuk memunculkannya pada bagian kiri atas jendela [Control Panel] klik [Switch to Classic View].
  3. Pada jendela [System Properties], klik tab [Advanced].
  4. Cari [Startup and Recovery] lalu klik tombol [Settings].
  5. Pada jendela [Startup and Recovery], hilangkan tanda centang pada [Automatically restart].
  6. Klik [OK] untuk keluar dari jendela [Startup and Recovery].
  7. Klik [OK] untuk keluar dari jendela [System Properties].
  8. Nah sekarang komputer Anda tidak akan restart otomatis lagi.

Sebenarnya ada cara lain yaitu melalui registry tetapi cara diatas sangat mudah untuk kelas pemula pada perbaikan sistem operasi. Bagi kamu pengguna Windows 7 atau Vista, harap bersabar karena akan dibahas pada artikel berikutnya.

Sumber : Mengatasi Masalah Komputer Restart Sendiri Oleh belajar komputer

Selamat mencoba...
Semoga bermanfaat, salam Blogger indonesia...!! :D
author

Gie Morello

Hey, what's up peoples! I'm Gie, nice to meet you... ^_^
previous Next home
 
Copyright 2010 GieShare™
SELAMAT DATANG DI GieShare™ | SHARE BERBAGAI APLIKASI, MUSIK, GAME DAN TIPS N TRICK BLOGGER | Free Software - Free Music - Free Game - Tips n Trick Blogger | UNTUK KENYAMANAN MENDOWNLOAD GUNAKAN INTERNET DOWNLOAD MANAGER (IDM) ATAU DOWNLOAD ACCELERATOR PLUS (DAP) | TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA --->